Facebook

Friday, August 19, 2016

Siwak dari Pohon Salvadora Persica

image source : wikipedia Siwak berasal dari dahan atau akar pohon  yang digunakan untuk membersihkan  gigi ,  gusi  dan  mulut . Ole... thumbnail 1 summary


image source : wikipedia


Siwak berasal dari dahan atau akar pohon yang digunakan untuk membersihkan gigigusi dan mulut. Oleh karena itu semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu :
  • Lembut
Sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan email gigi.
  • Berserat serta bersifat basah
Sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak. Seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut.

Salah satu pohon yang digunakan adallah pohon Salvadora persica, Menurut FAO, bagian dari pohon ini dapat digunakan untuk 3 hal, yang pertama sebagai sikat gigi (siwak), yang kedua sebagai obat, dan yang ketiga sebagai pakan ternak.

"Batang muda dari 3 sampai 5 mm digunakan sebagai sikat gigi dan dijual di sebagian besar pasar utama di seluruh Tanzania. Dipercaya untuk meringankan penyakit gigi dan gusi, dan daun digunakan sebagai obat kumur dan untuk masalah gigi dan gusi. Kulit dikatakan mengandung antibiotik yang menekan pertumbuhan bakteri dan pembentukan plak di mulut."

Jadi tidak perlu canggung untuk menggunakan siwak dari pohon ini, karena organisasi dunia pun telah mengeluarkan pernyataan mengenai penggunaan bagian pohon ini sebagai sikat.

Kemudian dengan menggunakan siwak, anda akan menjadi berbeda dengan orang pada umumnya. Karena anda lebih memilih menyayangi diri anda dengan menjauhkan diri dan keluarga anda dari bahan-bahan kimia pada produk sikat dan pasta gigi.

Semoga dengan mengetahui manfaat dari pohon ini dan khususnya manfaat bersiwak. Gigi, gusi dan mulut menjadi lebih sehat. InsyaAllah Aamiin!!

No comments

Post a Comment