Facebook

Sunday, September 11, 2016

Apa itu Essential Oil dan Penjelasan Ringkasnya

Anda pernah mencium aroma bunga? Seperti mawar, melati, kenanga dan lainnya. Jika jawaban Anda Ya, sejatinya Anda sudah mengenal Essential ... thumbnail 1 summary
Anda pernah mencium aroma bunga? Seperti mawar, melati, kenanga dan lainnya.
Jika jawaban Anda Ya, sejatinya Anda sudah mengenal Essential Oil, hanya saja belum mengetahui secara jelas.


Image source : flickr.com


Saya akan coba memaparkan sedikit tentang Essential Oil.
  • Pengertian
Essential Oil yang dalam bahasa Indonesia adalah minyak atsiri berasal dari sari pati tanaman atau hewan yang komponennya mudah menguap. Ada juga yang menyebutnya sebagai minyak terbang dikarenakan mudah menguap. Disebut juga sebagai minyak etherial atau minyak eteris karena sifatnya yang seperti eter.
  • Sumber
Pada hewan, sumber essential oil berasal dari kelenjar tertentu. Sedangkan pada tanaman berasal pada bunga, korteks, daun, buah, rambut kelenjar, kulit buah dan lainnya.
  • Ekstraksi
Untuk memperoleh essential oil pada tanaman ada beberapa cara, seperti destilasi air, uap, air-uap, ekstraksi, pengepresan, enfleurasi dan lainnya.
  • Sifat
Sifat essential oil pada masing - masing jenisnya tentu saja berbeda, tapi secara umum ada beberapa sifat yang sama. Seperti aroma yang khas dari tanaman penghasil, tidak larut dalam air, larut dalam eter, larut dalam pelarut organik, komponen minyak mudah menguap dan lainnya.
  • Kegunaan
Sebagai aromaterapi, bahan pembuatan parfum, sabun, shampo, pemberi aroma, pijat dan lainnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca.

No comments

Post a Comment